TerKUDET Se-Dusun Baji' Pa'mai

Kudet alias Kurang Update adalah kondisi dimana seseorang kurang mengetahui hal-hal yang terjadi di sekitar mereka. Hal ini timbul karena, jarang keluar rumah untuk bersosialisasi dengan 3orang lain. Pengaruh sering update di dunia maya juga menjadi alasan, seseorang tidak mengetahui aktivitas atau yang yang sedang terjadi di sekitarnya.


Perkenalkan, namaku Muh Reza Zaputra. Kalian bisa panggil saya Reza. Ada sebagian orang yang memanggil saya dengan sebutan Eca. Saat ini saya bersekolah di SMA Negeri 1 Bajeng, Kabupaten Gowa semester akhir. Artinya Insya Allah tahun ini akan mendaftar perguruan Tinggi. Walaupun usiaku 17 tahun, tapi ada satu sifat yang ada padaku sejak dulu, yakni Kudet.


Aku hanyalah anak rumahan, kalau pulang sekolah palingan dalam rumah terus kecuali kalau ada keperluan seperti ke toko, warnet dan Masjid. Saya jarang sekali keluar rumah, kalau pun keluar rumah, palingan di sekitar pekarang rumah. Aku hanya lebih aktif di Media Sosial. Jujur, sejak pertama memakai Facebook aku langsung tertarik, dari itu tiap hari selalu menyempatkan diri membuka facebook. Kalau pun membuka facebook, yang kubuka hanyalah fitur grup tanya jawab pelajaran sekolah. Terutama grup yang menamakan dirinya sebagai grup matenatika. Aku suka sekali matematika, selain itu aku juga suka Kimia dan Fisika. 


Menjadi anak rumahan itu enak, bisa belajar, bisa nonton tv sampai puas, dsb.    Pertama, saya akan membahas belajar. Aku orangnya jarang belajar malam. Aku lebih suka belajar setelah Ashar. Kalau malam palingan main Hp. Mulai kecil aku selalu membiasakan belajar sendiri. Makdudnya, tanpa disuruh pun aku harus belajar. Kebiasaan itu terus kulakukan sampai sekarang. Karena aku mau belajar karena keinginan pribadi, bukan karena paksaan. Itulah mengapa keluarga besarku banyak yang menyukaiku dan senang saat bersamaku. Terkadang, dapat saran juga kalau besar nanti harus jadi dokter. Iya, dulu waktu SMP sering sekali mendengar kalimat itu. Hitung-hitung sebagai motivasi untuk belajar.


Kedua, aku mau membahas mengenai nonton Tv. Sekadar info, Televisi di rumahku itu dikuasai oleh ibu dan adikku. Ibuku suka nonton serial India di salah satu stasiun tv swasta, sedangkan adikku suka dengan kartun. Terkadang ikut-ikutan saja apa yang mereka tonton. Kalau bosan, kembali ke kamar membaca buku. 


Oh iyah, perkenalkan pula kampungku. Namanya Dusun Baji' Pa'mai. Biasa dipanggil Kokowa. Sebuah dusun di Bajeng Barat, Kabupaten Gowa. Di sebelah timur berbatasan langsung dengan kecamatan Bajeng. Bisa dikatakan kampungku cukup strategis. Karena menjadi tempat persinggahan para tukang Bakso keliling :D apalagi kalau malam. Kalau mau melihat hutan, datang saja ke kampungku. Jalanan masuk di sebelah timur kalian akan disambut oleh hutan yang indah.


Hidup ini dinamis, akan ada kejadian yang terjadi tiap detiknya. Karena aku anak rumahan jadi aku kurang mengetahui hal-hal yang terjadi di sekitarku. Palingan tahu dari ibuku yang rajin sekali ngobrol di rumah tetangga. Bahkan, pernikahan temanku pun aku tak tahu. Bahkan Pa'daengan seseorang pun terkadang aku lupa. Pa'daengan itu panggilan kepada laki-laki dan perempuan kalau sudah menikah. Orang Makassar menganggap tidak etis memanggil seseorang dengan nama kecilnya. Mungkin julukan Terkudet se-Dusun Baji' Pa'mai cocok padaku. 

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Jawaban OSk Kebumian 2016

Soal Sejarah Tentang Peradaban India bagian 1

Seven Days Queen, Drama yang Penuh Air Mata