Di Saat Buku Catatan Hilang

Buku Catatan sangatlah penting bagi seorang pelajar. Hal tersebut dikarenakan di dalam buku catatan telah ada kumpulan gagasan, ide dari materi yang telah disampaikan oleh guru. Tentunya penggunaan buku catatan teramat penting apalagi menjelang ulangan.


Tapi, hal yang paling menyebalkan adalah saat kehilangan buku catatan. Benar tidak??
Mengapa saya mengatakan hal ini sangat menyebalkan, karena sampai naik di kelas XII SMA tiap semester buku catatan pasti ada yang hilang. Bukan hanya saya, tapi banyak pula teman saya yang jadi korban. Dari pengalaman itulah saya menyimpulkan beberapa kesimpulan mengapa buku catatan bisa hilang, berikut ulasannya

Pertama, yang lumrah terjadi adalah ada teman yang meminjam buku kita dan tak tahu mengembalikannya. Saat ditagih katanya belum selesai. Akibatnya kian lama berlalu, kita jadi lupa kalau dia yang pinjam buku kita. Sialnya lagi kalau yang meminjam buku kita itu menghilangkannya. Pastinya kita sebal sampai mau pecahin jerawat yang sudah matang :D Dari situlah muncul konflik yang muncul. Seperti pemeriksaan catatan, padahal buku kita hilang. Biasanya kalau seperti itu situasinya, kita malah cari alasan ke guru, bilang inilah, itulah, dsb. Sungguh, kehilangan buku catatan membuat kita miris.

Kedua, faktor buku kita hilang karena kurang diperhatikan. Hal ini biasa terjadi bagi orang yang malas sekadar mencatat, dikumpul ke guru dan selesai deh. Terserah buku itu mau diapain. Ini tentunya tindakan yang tidak bertanggung jawab, karena seharusnya apa yang telah kita tulis di buku catatan haruslah kita pelajari ulang dan sebisa mungkin diaplikasan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu, apasih solusinya agar buku catatan kita tidak hilang. Pertama dan yang paling utama adalah menjaga buku kita dengan baik. Kalau sudah pergantian jam atau selesai menggunakannya, maka secepatnya masukkan ke dalam tas. Jangan sampai berceceran ke mana-mana. Bila ada yang mau meminjam, pinjamkanlah tapi dengan memakai tempo peminjaman agar si peminjam juga bisa belajar disiplin. Kalau anda orang yang pelupa, catat nama peminjam buku agar mudah diingat. Bila perlu, pasang radar pada buku :D

Comments