Menjadi Siswa Semester Akhir

Istilah semester akhir lumrah dikenal di kalangan mahasiswa. Bagi sebagian orang, semester akhir adalah hal yang sangat menakutkan, apalagi kalau mengenai skripsi. Tapi pernah tidak berpikiran bagaimana nasib siswa SMA pada semester akhir? Ternyata hampir sama dengan kalangan mahasiswa.
Menjadi seorang siswa semester akhir memang sangatlah susah, banyak sekali    tantangan yang harus dihadapi untuk bisa lulus menuju tingkatan yang lebih tinggi. Tantangan itu berupa belajar yang extra, ditambah berbagai ujian. Apalagi untuk tahun ini ditambah lagi USBN. 

Orang yang rajin belajar dan malas belajar, pasti memiliki beragam ekspresi dalam menanggapi dan menghadapi semester akhir. Orang yang rajin belajar, akan tenang dalam masa semester akhir karena tinggal belajar dan mengulang pelajaran pada tingkatan sebelumnya. Sementara yang malas, tentunya akan cemas dan mulai belajar kembali. 

Semester akhir memang memiliki banyak sekali tantangan. Lalu, bagaimana persiapan kita untuk menjalani semester akhir. Pertama, tentunya jangan menyiakan waktu pada tingkatan sebelumnya. Sebagian orang hanya serius belajar menjelang ujian nasional. Padahal itu sangatlah tidak efektif bagi kita. Justru itu hanya membebani pelajar. Kedua, rajin mengulang pelajaran  dan latihan soal. Ini tentunya bermanfaat agar terbiasa untuk berlatih menghadapi final dari semester akhir. Terakhir, rajinlah berdo'a. Jangan hanya berusaha tapi lupa kepada Tuhan yang memberikan kita hidup. Semoga artikel ini menginspirasi untuk kita semua.

Comments

  1. Selamat berjuang bagi yang masih menenpuh jenjang pendidikan..
    bersungguh2 lah sebelum penyesalan melanda.

    salam blogger

    www.updateku.web.id

    ReplyDelete

Post a Comment