Tips agar pelajaran sekolah mudah masuk ke dalam Otak



Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatu
Selamat sore semua, apa kabar?? Kali ini sekadar berbagi ilmu mengenai Tips agar pelajaran sekolah mudah masuk ke dalam otak. Terkadang, kita sebagai pelajarn kurang fokus dalam belajar. Hal itu diakibatkan karena beberapa faktor, misalnya mood yang sedang buruk untuk belajar, ataupun karena pelajarannya yang begitu rumit seperti matematika dan fisika. Oleh langsung saja, ini beberapa tips untuk kalian.

1. Niat
“Segala amal itu tergantung niatnya, dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang ditujunya”. 
Yah, yang pertama adalah niat. Seberapa besar niat kita dalam menimba ilmu di sekolah, seberapa besar niat kita untuk menjadi orang yang cerdas. Semua itu tergantung dari niat kita sendiri. Jika niat kita bagus, semata-mata ke sekolah hanya untuk menuntut ilmu, in Shaa Allah, Allah akan mudahkan jalan kita dalam menerima pelajaran. Sebaliknya, jika niat kita ke sekolah hanyalah bercanda gurau bersama teman karib kalian, maka saya katakan itu suatu perbuatan yang sia-sia.

2. Berusahalah fokus
Fokus juga bisa membantu kita dalam menerima pelajaran. Sekarang, teknologi kian canggih yang memungkinkan semua orang untuk bergantung dengan teknologi, terutama handphone. Handphone bagi segelintir pelajar bagai teman yang WAJIB dibawa kemana pun seseorang pergi, termasuk belajar. Kadang, ada siswa yang saat belajar masih saja memikirkan handphonenya yang sementara disimpan karena sedang belajar. Hal itu tentunya mengganggu konsetrasi kita dalam belajar. Fokus masih ada hubungannya dengan niat, jika niat kita bagus, maka dengan sendirinya kita akan fokus kepada pelajaran.

3. Membaca sekilas buku pelajaran sebelum belajar
Ini mungkin terdengar aneh, yah.. tapi ini bisa saja membantu. Seseorang yang membaca buku sebelum pelajaran dimulai walaupun itu belum dijelaskan oleh gurunya maka akan terbayang sepintas tentang pelajaran tersebut. Misalnya, guru matematika kamu mau mengajarkan tentang Trigonometri, maka usahakan beberapa menit membaca buku tentang trigonometri,. Meskipun kita tak memehaminya karena belum dijelaskan, tapi setidaknya ada tertinggal sedikit di pikiran kita. Karena saat membaca buku, hal yang kita baca akan tersimpan di memori kita walaupun tak keseluruhan.

4. Perbanyak Latihan Soal
Tips ini juga penting, karena banyak beerlatih akan memudahkan kita dalam memahami pelajaran. Tidak mesti catatan ribuan lembar, kendati latihan soal yang kurang itu hany sia-sia saja. Banyak berlatih itu bisa memahami suatu soal.

5. Shalat Tahajjud
Ini juga bisa menjadi tips bagi kita semua. Shalat Tahajjud adalah salah satu shalat malam yang paling istimewa. Selain mendapat pahala, juga ada ketenangan jiwa pada saat melaksanakan shalat Tahajjud karena memang waktu pelaksanaannya tengah malam, pada saat orang lain tidur dengan lelap. Ini tentunya membantu merefresh pikiran kita, apa lagi jika kita membaca manfaat shalat Tahajjud yang membuat seseorang menjadi cerdas.

Itulah beberapa tips dari Reza, semoga bermanfaat dan semoga mengispirasi. Salam Pelajar!!

Comments

  1. Makasih gan, sering-sering berkunjung ke blogku yah...!!

    ReplyDelete
  2. Wah, bisa dicoba nih. Tapi ya paling malas kalau harus mengerjakan latihan soal :v

    ReplyDelete
  3. Ane setuju ma poin no 1. Soalnya banyak anak sekolah yang niatnya cuma nongkrong.

    ReplyDelete
  4. kalo ane biasa belajar habis sholat subuh gan, beneran nempel tuh pelajaran di otak. Apalagi kalau mau ujian :)

    ReplyDelete

Post a Comment