Hati-Hati Untuk Tidur di 5 Waktu Berikut, Islam Sangat Melarangnya


Tidur merupakan kebetuhan tiap makhluk hidup termasuk manusia karena saat tidurlah seseorang bisa mengistirahatkan raga yang penat karena aktivitas sehari-hari. Tapi dewasa ini justru sebagian orang tidur di waktu-waktu yang tidak baik bagi kesehatan dan untuk hal itu Islam sebagai agama Rahmatal Lil’alamin melarang beberapa tidur di waktu tertentu.
·         Tidur setelah makan
Rasulullah Saw bersabda, “Janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”. (HR Abbu Nua’im dan Aisyah RA). Setelah makan, mungkin saja seseorang bisa merasakan kantuk apalagi bagi yang makannya banyak. Tidur setelah makanan sangatlah mengganggu kesehatan karena selepas makan maka di situlah sistem pencernaan berfungsi. Jika seseorang tidur setelah makan maka bisa saja seseorang mengidap obesitas, hal tersebut tersejadi karena setelah makan tidak ada aktivitas bergerak sehingga pembakaran kalori tidak terjadi akhirnya lemak akan menumpuk. Hal lain yang bisa saja terjadi adalah Acid reflux yankni kondisi di mana asam lambung akan naik ke kerongkongan ataupun tenggorokan karena setelah makan langsung berbaring.

·         Tidur sepanjang hari
Sangat tidak diperkenankan untuk tidur sepanjang hari, hal pertama yang mendasari adalah timbulnya rasa malas karena tubuh tidak beraktivitas. Hal yang seperti menimbulkan penyakit juga bisa timbul karena tidur sepanjang hari. Tidur sepanjang hari juga akan mengganggu iman karena bisa saja tidak melaksanakan shalat fardhu karena keenakan tidur apalagi berjama’ah bagi yang dianjurkan berjama’ah. Justru orang yang tidur sepanjang hari akan bangun dengan kondisi kepala yang pusing, linglung, dsb.

·         Tidur setelah shalat subuh/tidur pagi
tidak ada yang menyangkal kalau tidur setelah shalat subuh merupakan tidur yang sangat nikmat, namun dari kenikmatannya itu terdapat larangan serta bahaya yang ditimbulkan. Rasulullah Saw bersabda, “Seusai shalat fajar (subuh) janganlah kamu tidur sehingga melalaikan kamu untuk mencari rezeki.” (HR Thabrani). Bangun subuh ada hubungannya dengan semangat dan motivasi diri. Orang yang shalat subuh kemudian beraktivitas cenderung semangat dalam bekerja. Tidur setelah shalat subuh apalagi disambung sampai pagi maka akan mengganggu metabolisme tubuh, akibatnya badan akan lesu dan lemah. Tentu saja juga kehilangan waktu produktif untuk bekerja.

·         Tidur setelah shalat Ashar
Ini juga termasuk waktu tidur yang dilarang karena membuat badan menjadi pusing, linglung dan lesu bahkan badan menjadi sakit. Dikhawatirkan bahwa tidur setelah shalat ashar akan mengganggu jam biologis dalam tubuh yang seharusnya berfungsi. Jika tidur setelah shalat ashar maka bisa saja seseorang begadang karena tidak terlalu mengantuk saat malam hari yang seharusnya menjadi waktu yang baik untuk tidur.

·         Tidur sebelum shalat Isya
“Bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum shalat Isya dan berbincang-bincang (ynag tidak bermanfaat) setelahnya”. (HR Bukhari dan Muslim). Sebagian ulama berpendapat bahwa tidur setelah shalat Magrib dikhawatirkan akan meninggalkan shalat Isya. Selain itu, jam tidur pun juga bertambah dari waktu normal yang dianjurkan untuk tidur, yakni 7-8 jam/hari.
    
Itulah 5 waktu tidur yang dilarang dalam Islam, Allah SWT berfirman yang artinya, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karuniaNya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (QS Ar-Ruum: 23).

Comments

  1. Wah, ane biasanya suka tidur sehabis subuh, ternyata dilarang ya. makasih infonya gan.

    ReplyDelete
  2. Saya sering banget tidur setelah makan, hhmm..

    ReplyDelete
  3. wah. padahal tidur setelah makan itu enak, tapi ternyata dilarang to...heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enaknya hanya sesaat, tapi saat tidak baik bagi kesehatan

      Delete
  4. Replies
    1. Terima kasih, jangan lupa berkunjung lain waktu yahh!

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kunci Jawaban OSk Kebumian 2016

Soal Sejarah Tentang Peradaban India bagian 1

Seven Days Queen, Drama yang Penuh Air Mata