5 Hal Yang Membuat Kita Teringat Kenangan SMA


Masa SMA adalah masa yang sangat indah, dan indahnya hanya bisa dirasakan sekali dalam seumur hidup. Dalam fase ini, kita akan berkenalan dengan sesama remaja yang siap bersama kita untuk berlabuh ke hal-hal yang belum kita alami sebelumnya. Tentunya, hal tersebut adalah hal yang positif jika kita mampu membentengi diri. Masa SMA juga adalah masa kita mengenal jati diri kita yang sebenarnya. Siapa Kita? Itu adalah pertanyaan yang jawabannya sudah ada di masa SMA. Namun, perpisahan dengan teman SMA adalah hal yang sulit bagi kita. Akan tetapi, ada saja hal-hal yang membuat kita teringat dengan kenangan SMA, misalnya saat terlambat datang ke sekolah, lupa mengerjakan tugas, dsb. Berikut ini hal-hal yang membuat kita jadi ingat masa SMA
Pertama adalah Rajin bangun pagi, Yang namanya pelajar yang harus taat aturan, harus bangun dengan cepat, agar tidak terlambat ke sekolah. Bahkan sampai-sampai pasang alarm agar tidak bangun kesiangan. Beruntung siswa yang jarak rumahnya ke sekolah dekat, lah bagaimana dengan yang jauh. Hal tersebut menjadi konsekuensi dalam memilih sekolah dengan jarak yang cukup jauh dari rumah. Tapi, inilah enaknya menjadi siswa, kita dapat berlatih kedisiplinan sejak dini. Bangun pagi bahkan melaksanakan shalat subuh adalah hal yang sangat baik baik semangat dan motivasi diri. Siswa yang rajin bangun pagi tepat waktu mempunyai semangat belajar yang baik, karena saat belajar tidak merasa mengantuk.
Kedua, adalah Memperhatikan Guru mengajar atau menyibukkan diri dengan hal lain. Saat bosan, apalagi jam pelajaran terakhir, terkadang siswa kurang memperhatikan pelajaran yang dijelaskan oleh guru mereka. Coba bayangkan kalau empat mata pelajaran dipelajari tiap harinya pasti kita akan merasa jenuh, apalagi kalau satu hari dipenuhi oleh pelajaran Matematika dan Fisika. Dua ini adalah momok bagi siswa jurusan IPA yang tidak terlalu menyukai perhitungan. Bisa dilihat perbandingan saat Ujian nasional (UN) siswa yang memilih Fisika dan Kimia pasti lebih rendah dari siswa yang memilih Biologi.
Hal-hal yang biasa dilakukan siswa saat bosan dalam belajar atau tidak memperhatikan pelajaran adalah memainkan gadget, ngobrol dengan teman, bahkan ada loh yang berdandan. Ini tentunya hal yang kurang bisa dicontoh, tapi hal semacam ini tetap marak di kalangan pelajar. Orang yang mengingat kenangan ini pasti akan terkekeh membayangkan kenakalannya saat masa SMA.
Ketiga adalah kenangan saat Kelas disulap menjadi kantin dadakan. Hal ini yang paling saya rasakan saat masa SMA. Mungkin begitu juga dengan kalian. Kebayang nggak sih bagaimana suasana kelas mirip dengan kantin. Maksudnya, para siswa tidak makan di kantin, tetapi membawa makanan mereka ke dalam kelas dan makan bersama-sama. Semenarnya ini tidak terlalu buruk, karena di sini letak solidaritas antar teman kelas yang saling membagi makanan kepada sesama siswa walaupun yang sedang belajar saat jam istirahat merasa terganggu dengan aroma kelas yang mirip dengan kantin. Hal yang lucu saat guru BK masuk, pasti suasana akan senyap dan makanan langsung disembunyikan. Ada yang di laci, di bawah tas, bahkan ada yang memasukkan ke dalam tas.
Keempat adalah Solidaritas dalam mengerjakan Tugas. Ayo ngaku yang buku tugasnya sering diculik saat pagi hari agar teman yang lain bisa nyontek pekerjaan kalian. Atau ngaku siapa yang paling ditunggu di kelas hanya untuk mengerjakan tugas saat pagi. Mengerjakan tugas saat pagi hari memang sudah menjadi rutinitas sebagian anak sekolahan zaman sekarang. Di sini ada perubahan dari pekerjaan rumah (PR) menjadi pekerjaan sekolah (PS). Jadi yang terlambat datang terus tugasnya belum selesai, siap-siap saja dimarahi oleh guru. tak hanya itu, saat pengumpulan tugas pun terkadang di situlah solidaritas muncul. Saat teman belum selesai mengerjakan tugas, terpaksa buku tugas yang lain belum juga dikumpul walaupun telah selesai.
Terakhir adalah Siapkan kamera untuk setiap momen berharga. Saat ada acara sekolah, misalnya hari sumpah pemuda, hari pahlawan, hari ulang tahun sekolah, siap-siap memori ponsel akan penuh dengan berbagi foto. Masa SMA adalah masa penuh warna, sayang kalau warna tersebut tak diabadikan dalam bidikan kamera. Di situlah muncul berbagai gaya foto aneh dan kekinian. Trend foto kekinian sebenarnya muncul dari anak SMA loh.. lihat saja di berbagai media sosial! Memang, sebagian anak SMA sekarang tak bisa lepas dari yang namanya ponsel apa lagi kalau urusan potret memotret. Tapi, intinya, harga tiap momen berharga dalam hidup kalian. Kita takkan tahu usia kita akan berakhir sampai kapan, jadi, manfaatkan hidupmu dengan sejuta warna untuk orang yang baik kepadamu, termasuk temanmu.

Comments

  1. sedih gan,, jadi ingat masa2 sma..

    ReplyDelete
  2. wah bener tuh ane sedih kalo diinget masa2 SMA penuh drama dan pengorbanan :(

    ReplyDelete
  3. Padahal ane baru lulus tahun ini, entah kenapa udah kangen banget masa2 sekolah :(

    ReplyDelete
  4. Ane mah udah kagak inget gan soalnya belum pernah tuh dapat pacar waktu sekolah di sma, hidup memang tak seindah sinetron

    ReplyDelete
  5. ane belum jadi anak SMA ;v masih smp

    ReplyDelete

Post a Comment