Soal Sejarah Tentang Peradaban India bagian 1


1.      Mengapa India dijuluki anak Benua?
Jawab : Karena letaknya seakan-akan terpisah dari daerah dataran Asia, serta letaknya menyendiri dari daerah Asia lainnya.

2.      Jelaskan bentang alam pemisah antara India utara dan India selatan!
Jawab : Di tengah-tengah daerah India, terdapat pegunungan Himalaya. Pegunungan ini membagi India menjadi dua bagian, India Utara dan India Selatan. Pada daerah India utara, mengalir sungai Shindu (Indus), Gangga, Yamuna, dan Brahmaputra Dewa. Sedangkan pada bagian Selatan terdapat dataran tinggi Dekkan.

3.      Apakah bukti pusat peradaban Sungai Indus?
Jawab : Berdasarkan penemuan sisa-sisa peninggalan kebudayaan di dua situs bekas kota kuno, yakni Mohenjo Daro dan Harappa.

4.      Dari celah Keybar, bangsa apakah yang memasuki India?
Jawab : Zulkarnain bangsa Huna, Mahmud Al-Ghasni, dan Timurlenk

5.      Salah satu kesimpulan para peneliti tentang Mohenjo Daro dan Harappa adalah?
Jawab : Bahwa kedua kota tersebut telah memiliki sistem planologi (perencanaan tata kota) yang teratur dan termasuk yang pertama dan tertua di dunia.

6.      Apakah kepercayaan masyarakat lembah sungai Shindu?
Jawab : Politheisme (memuja banyak dewa). Dewa-dewa yang dipujanya, seperti Dewa bertanduk besar dan dewa perempuan yang melambangkan kemakmuran serta kesuburan (Dewi Ibu)

7.      Jelaskan benda-benda bersejarah yang ditemukan di Kota Harappa!
Jawab : Ditemukan beberapa arca yang masih sempurna bentuknya dan dua buah torso (arca yang telah hilang kepalanya). Salah satu torso mula-mula bertangan empat dan berkepala tiga. Berdiri di atas kaki kanan dengan kaki kiri terangkat.

8.      Jelaskan benda-benda sejarah dari kota Mohenjo Daro!
Jawab : Ditemukan arca seorang pendeta berjanggut. Arca ini memakai pita yang melingkari kepalanya dan berpakaian baju yang berhias gambar-gambar yang menyerupai daun semnaggi. Hiasan dengan daun semanggi juga lazim dipakai di daerah Mesopotamia, Mesir dan Gangga.

9.      Jelaskan letak lembah sungai Gangga!
Jawab : Di antara pegunungan Himalaya dan pegunungan Windya-Kedna. Sungai itu bermata air di pegunungan Himalaya dan mengalir melalui kota-kota besar.

10.  Sebutkan kota-kota yang dilalui oleh sungai Gangga!
Jawab : Delhi, Agra, Allahabad, Patna, Benares, melalui wilayah Bangladesh dan bermuara di teluk Benggala.

11.  Mengapa dalam agama Hindu, sungai Gangga dianggap suci?
Jawab : Air sungai Gangga dapat mensucikan diri manusia dan menghapus segala dosa. Begitu pula tulang dan abu orang mati dibuang ke dalam sungai Gangga agar arwah orang yang meninggal dapat masuk surge.

12.  Kebudayaan lembah sungai Gangga merupakan kebudayaan campuran dari?
Jawab : Kebudayaan bangsa Arya dan bangsa Dravida, kebudayaan campuran ini lebih dikenal dengan sebutan kebudayaan Hindu.

13.  Bagaimana perkembangan sistem pemerintahan di Sungai Gangga?
Jawab : sejak runtuhnya kerajaan Maurya, keadaan menjadi kacau akibat terjadi peperangan antara kerajaan-keajaan kecil yang ingin berkuasa, keadaan ini baru dapat diamankan kembali setelah munculnya kerajaan Gupta.

14.  Awal letak peradaban terbesar bangsa India adalah?
Jawab : Di Mohenjo Daro dan Harappa

15.  Suku asli India adalah?
Jawab : Bangsa Dravida yang kemudian eksistensinya sedikit demi sedikit tergusur oleh kedatangan bangsa Arya dari Asia Barat

16.  Peradaban India sering disebut dengan peradaban sungai Indus yang dialiri oleh 5 sungai, yaitu?
Jawab : Yellum, Chaenab, Ravi, Beas Sutty yang kemudina dikenal dengan sebutan Punjab (daerah 5 aliran sungai)

17.  Bagaimanakah bangunan di Kota Mohenjo Daro?
Jawab :Banyak ditemukan perumahan, balai besar dan juga pemandian. Bahan pokok dari bangunan tersebut adalah batu bata merah. Rumah pada kota Mohenjo Daro mmepunyai halaman-halaman yang luas.

18.  Dimanakah letak peradaban sungai Indus?
Jawab : Di daerah perbukitan Buluchistan yang kemudian menghasilkan kebudayaan Nal.

19.  Bagaimanakah karakteristik peradaban lembah sungai Indus menurut buku From Tigris to the Tiber karya Tom B. Jones?
Jawab : merupakan sebuah Negara agama/teokrasi, memiliki stratifikasi sosial yang jelas, terdapat golongan pendeta, dan dalam bidang ekonomi, literature dan lembaga pengetahuan telah ditata dengan teratur.

20.   Apakah makanan utama penduduk di lembah sungai Indus?

Jawab : Gandum, gandum akan dibuat menjadi minuman keras dan sebangsa kurma. Mereka juga memakan domba, babi, ikan dan telur.

Comments