Beberapa Negara dan Pulau Terluasnya



Pulau merupakan salah satu bukti kekuasaan Tuhan yang menciptakan alam semesta ini dengan berbagai keindahannya. Pulau merupakan sebuah daratan yang dikelilingi oleh lautan yang luas. Pulau terbagi menjadi dua, ada yang luas dan ada pula yang sempit. Umumnya, Pulau dihuni oleh beberapa masyarakat, baik masyarakat setempat ataupun masyarakat pendatang. Setiap Negara, pasti memiliki pulau terluasnya, untuk itu kita akan membahasnya pada artikel ini.
1.      Pulau Greenland – Denmark
Siapa sih yang tak kenal dengan pulau ini. Sudah lama sekali, pulau ini donobatkan sebagai pulau terluas di dunia yang luasnya mencapai 2.175.600 km2. Artinya, jika dibandingkan dengan Indonesia, pulau ini jauh lebih luas. Pulau ini terletak di bagian utara Negara Kanada dan menjadi milik kerajaan Denmark. Akan tetapi, pada tahun 1979, Greenland diberikan kemandirian dan pada tahun 1985 tidak lagi menjadi bagian Uni Eropa. Sedangkan ibukotanya adalah Nuuk.

Fakta pertama yang harus diketahui semua orang adalah bahwa tanah Greenland 80% tertutup oleh es dan tebalnya mencapai 3 km. Jadi, untuk bermukim hanya bisa dilakukan pada bagian barat dan pesisir selatan. Penduduk aslinya berasal dari bangsa Inuit atau yang lumrah dikenal sebagai bangsa eskimo.

Greenland merupakan tempat untuk 500 jenis spesies tanaman liar. Berbagai rumput, Crowberry, heather juga tumbuh di Greenland. Lalu, pohon hanya tumbuh di tempat tertentu. Di sana juga tempat bagi satwa liar seperti Serigala kutub, beruang kutub, berbagai mamalia laut seperti paus, anjing laut, dan lain sebagainya.

Hal yang juga patut diketahui dari pulau terdingin ini adalah di sana tidak terdapat jalan raya yang menghubungkan berbagai kota. Untuk transportasi menggunakan pesawat atau kapal, bahkan di daerah tertentu memakai kereta anjing.


2.      Pulau Kalimantan – Indonesia
Indonesia patut bersyukur karena salah satu pulau mereka menjadi salah satu pulau terluas di dunia yakni pulau kalimantan walaupun pulau tersebut juga milik negara Malaysia dan Brunei Darussalam. Akan tetapi, wilayah Indonesia untuk pulau kalimantan lebih luas dari kedua negara tersebut, yakni seluas 539.460 km2 sedangkan luas keseluruhannya adalah 743.330 km2.

Pulau Kalimantan terletak di sebelah utara pulau Jawa dan sebelah barat pulau Sulawesi serta sebelah selatan negara Filipina. Pulau Kalimantan juga dikelilingi oleh berbagai lautan, yakni Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Sulawesi dan Selat Makassar, dan Laut Jawa dan Selat Karimata. Kalimantan juga dikenal sebagai negeri seribu sungai karena di pulau ini terdapat banyak sekali sungai. Sebut saja Sungai Kapuas, Sunga Mahakam, dan Sungai Barito.

Pulau Kalimantan juga terkenal dengan hutannya yang masih terjaga, untuk itu Kalimantan menjadi habitat bagi berbagai satwa langka seperti Orang Utan, Gajah Borneo, Badak Borneo, Landak, Rusa, tapir, dan beberapa spesies yang terancam punah. Tapi sayangnya, sekarang hutan tersebut kian berkurang akibat penebangan hutan secara sembarangan dan tidak mempedulikan efek lingkungan yang bisa terjadi.

Nah, jika kalian berkunjung ke kalimantan tepatnya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan maka kalian akan menemukan Lok Baintan yakni sebuah istilah masyarakat setempat untuk pasar terapung tradisional. Hal unik lainnya dari Kamiantan yakni tradisi Telinga Panjang untuk suku Dayak. Telinga mereka telah ditindik sejak usia 1 tahun, dan tiap tahunnya selalu ditambah 1 buah anting atau sumbang perak. Hal lain yang unik dari Kalimantan adalah adanya satu kota yang tepat dilewati garis Khatulistiwa, yakni Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Untuk itu, di kota ini terdapat kota Khatulistiwa.

3.      Pulau Baffin – Kanada
Pulau dengan luas 507.451 km2 merupakan pulau terluas di negara Kanada dan pulau terluas kelima di dunia. Pulau ini terletak di gugusan kepulauan Artik, untuk itu iklim di pulau ini sangatlah dingin. Pulau ini ditemukan oleh seorang penjelajah yang bernama William Baffin, untuk itu nama terakhirnya dijadikan sebagai nama pulau tersebut. Sama halnya dengan Greenland, penduduk asli pulau ini berasal dari bangsa Inuit atau Eskimo.

Tempat yang terkenal yang ada di pulau ini adalah sebuah gunung yang bernama Gunung Thor yang merupakan tempat vertikal dengan ketinggian 4.100 kaki. Tempat ini adalah tempat yang sangat terkenal di Kanada, dan tahukah anda bahwa penyusun utama gunung ini adalah granit.

4.      Pulau Honshu – Jepang
Pulau ini terletak di sebelah utara Shikoku dan sebelah selatan Hokaido. Honshu merupakan pulau terluas di Jepang sekaligus pulau terpadat kedua setelah Jawa. Honshu merupakan pulau tempat bagi kota-kota modern di Jepang, seperti Tokyo, Yokohama, Osaka, Fukushima, Niigata, dll.

Bentang alam pulau Honshu beragam. Di pulau ini ditemukan banyak sekali gunung api, untuk itu pulau ini pernah dilanda gempa bumi seperti gemba bumi besar Kanto di tahun 1923. Puncak tertingginya adalah gunung Fuji serta sungai terpanjangnya adalah sungai Shinano sekaligus sungai terpanjang di Jepang.

Pusat kebudayaan Jepang juga berpusat di pulau Honshu, seperti di Kyoto, Nara, dan Kamakura. Pulau ini juga sebagai produsen di bidang pertanian. Niigata sebagai produsen beras terbesar serta terpenting di Jepang. Ada juga Yamanashi sebagai produsen buah-buahan, serta hamparan Kanto dan Nobi sebagai produsen beras dan sayuran, serta Aomori terkenal dengan apelnya.

Tempat wisata yang terkanal dari pulau ini adalah Kinkaku-ji yakni sebuah kuil di Kyoto dan dibangun pada tahun 1397. Gunung Fuji nampaknya masih menjadi wisata alam favorit di Jepang, tepatnya di Pulau Honshu. Gunung Fuji telah tersohor ke berbagai belahan dunia karena keindahannya. Apalagi di musim semi, saat ribuan bunga Sakura sedang menampakkan keindahannya.
5.       Pulau Luzon – Filipina
Filipina merupakan negara kembaran Indonesia yang tentunya memiliki banyak kesamaan dengan Indonesia. Sebut saja bentuk geografisnya yang berbentuk kepulauan serta ekonomi berpusat di ibukota. Pulau Luzon merupakan pulau terluas yang berada di negara Filipina dengan luas 104.688 dan merupakan pulau pusat ekonomi di Filipina dan kota terbesarnya adalah Quezon City, setelah itu ada juga pulau Mindanao dan Visayas yang masuk 3 pulau terluas di FIlipina. Secara keseluruhan, pulau ini merupakan pulau terluas di dunia dengan peringkat 15. Luzon berasal dari sebuah kata dalam bahasa Tagalog yakni bahasa resmi Filipina yakni Lusong yang berarti Senjata tradisional suku Tagalog.

Di pulau ini, ibukota Filipina berada, yakni kota Manila. Selain itu, ada pula kota terpadatnya yakni kota Quezon. Pulau Luzon merupakan pulau terpadat kedua se-Asia Tenggara setelah pulau Jawa dan terpadat ketiga setelah Pulau Jawa dan Pulau Honshu. Kemudian, pulau terpadat keempat di dunia setelah Britania Raya.

Hal yang menarik dari pulau ini adalah teras Sawah Banaue yang terletak di provinsi Ifugao. Hal yang unik dari teras sawah ini adalah usianya yang mencapai 2.00 tahun dan terletak di sebuah pegunungan di provinsi tersebut.Diperkirakan bahwa yang membangun teras sawah tersebut berasal dari suku Batad serta cara membuatnya masih dengan tingkat yang sangat sederhana. Dari keunikannya tersebut, UNESCO pada tahun 1995  menetapkannya sebagai situs warisan dunia UNESCO kategori Kultural.

Bagi penikmat sejarah pasti pernah mendengar nama Dr. Jose Rizal. Dia adalah seorang pahlawan nasional dari Filipina saat penjajahan Spanyol dan termasuk pahlawan yang dieksekusi mati pada tahun 1896. Untuk menghormati jasanya, maka dibuatlah sebuah taman yang menggunakan namanya yakni Rizal Park. Kalau di Indonesia ada Monas, sedangkan di Filipina ada Rizal Park.

6.      Pulau Sakhalin – Rusia
Negara selanjutnya adalah Rusia yang memiliki pulau terluasnya yakni pulau Sakhalin yang luasnya 76.400 km2. Pulau ini terletak di sebelah utara Negara Jepang. Itulah mengapa, beberapa penduduknya berasal dari Jepang maupun Korea. Setelah perang yang terjadi antara Negara Jepang dan Rusia pada tahun 1905, maka pulau Sakhalin terbagi menjadi dua bagian, setengah bagian untuk Jepang dan setengahnya lagi untuk Rusia. Kemudian, setelah perang dunia II berakhir, keseluruhan pulau tersebut menjadi milik Uni Soviet yang kemudian diwariskan untuk Rusia.

Penduduk di pulau ini mencapai setengah juta jiwa dan sebagian besar berpusat di kota Yuzho-Sakhalinsk. Terdapat dua musim di pulau ini, yakni musim dingin dan musim panas. Walaupun terdapat musim panas, tapi tetap saja terasa dingin dengan waktu yang cukup pendek dibandingkan musim dingin yang bisa berlangsung selama delapan bulan. Tempat-tempat yang terkenal di pulau ini di antaranya, Museum Regional Sakhalin, Park of Culture and Rest. Yuri, dan Museum seni regional Sakhalin.

7.      Pulau Tasmania – Australia
Pulau Tasmania merupkan sebuah pulau sekaligus Negara bagian di Australia dengan ibukotanya Hobart. Pulau dengan luas 22.357 km2  memiliki populasi sekitar 507.626 jiwa pada tahun 2010. Pulau Tasmania terletak di sebelah tenggara daratan utama Australia dengan selat Bass sebagai penghubung kedua daratan tersebut. pulau ini menjadi pulau terluas di Australia dan pulau terluas ke-26 di dunia.

Hal utama yang menjadi daya tarik dari pulau ini adalah satwa liarnya yang cukup beragam. Seperti Tasmanian Wolf serta Tasmanian devil yang keduanya dianggap telah punah pada abad 20. Selain itu, ada 12 jenis burung dan 3 jenis katak yang hanya ditemukan di pulau ini. Banyaknya satwa endemik karena sekitar 37% areal dari pulau ini dijadikan taman nasional dan beberapa di antaranya menjadi situs warisak dunia UNESCO.

Kita pasti telah mengetahui bahwa penduduk asli Australia adalah suku Aborigin. Hal tersebut juga ada di pulau Tasmania. Namun, semenjak dijajah oleh Inggris, keberadaan suku Aborigin kian terancam dan terusir dari daerah mereka.

Mengenai tempat wisata di Tasmania bisa dikatakan super lengkap. Jika anda berkunjung ke pulau ini, jangan lupa mengunjungi pasar tradisional Salamanca Market yang menjual berbagai hasil bumi, benda seni, kerajinan tangan hingga pernak-pernik lainnya. Kalau mau liburan ke pantai juga bisa, kalian bisa mengunjungi Wineglass Bay yakni pantai yang terkenal karena bentuknya seperti bulan sabit dan disebut-sebut sebagai salah satu pantai terbaik di dunia. Kalau masih kurang, silakan berkunjung ke Lifey Fals. Hutan hujan yang tercatat sebagai warisan dunia ini menyugukan keindahan yang eksotis. Di dalam hutan ini juga terdapat sebuah air terjun dan kawasan piknik Gulf Road.







Related Posts:

1 Response to "Beberapa Negara dan Pulau Terluasnya "