Cara belajar yang baik berdasarkan hukum Newton



Belajar merupakan hal yang sangat vital dan juga penting dalam kehidupan sehari-hari. Semua orang pasti pernah memberikan kita nasihat untuk tidak belajar hanya menjelang ujian saja. Hal tersebut memang benar, karena model belajar seperti itu nyatanya sangatlah tidak baik apalagi ditambah dengan sistem Kebut Semalam (SKS). Sistem ini yang sedang tren di kalangan anak sekolahan saat menjelang ujian. Modelnya yakni mempelajari semua pelajaran untuk persiapan ujian besoknya hanya dalam satu malam.
Ditinjau dari segi Ilmu Pengetahuan (Sains) ternyata memiliki model tersendiri dalam memotivasi para siswa untuk belajar secara efektif. Contohnya saja Hukum Newton. Hukum yang satu ini penerapannya sangatlah luas, misalnya Pembangunan gedung, jembatan, sampai peluncuran roket memakai hukum Newton. Lalu, seperti apa model pembelajaran sesuai dengan Hukum Newton? Simak penjelasannya berikut ini!
1.      Hukum I Newton
Hukum 1 Newton dapat disimbolkan dengan ∑F= 0, artinya setiap benda akan tetap berada dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan bila tidak dikenai gaya dari luar. Kita seringkali menghadapi saat-saat kita malas untuk belajar. Maka kemalasan belajar tersebut sama dengan gaya kelembaban yang artinya tetap pada posisi sebelumnya dan tak bereaksi. Nah, jika guru kita memberikan tugas baru kita akan bekerja dan belajar. Maka yang dari keadaan tidak mau belajar akan bereaksi menjadi seseorang yang mau belajar, apalagi kalau tugasnya dikumpul besok. Untuk yang rajin belajar pasti akan merasakan enjoy dalam mengerjakan tugas tersebut karena telah terbiasa.
Untuk yang baru belajar biasanya menemukan banyak rintangan, hal yang paling besar adalah dari segi ponsel. Ponsel apalagi telepon pintar sudah menjadi kebutuhan sehari-hari untuk berkomunikasi dengan seseorang. Hal tersebut tentunya bisa menjadi penghambat, apalagi bagi orang yang tak bisa mengontrol dirinya dengan telepon pintarnya dan membuang-buang banyak waktu.
Jadi, Hukum I Newton ini mengajarkan kita untuk belajar secara berkesinambungan atau terus menerus, kita juga sebaiknya dapat menghindari berbagai hal yang dapat menghambat proses pembelajaran kita.

2.      Hukum II Newton
Hukum II Newton menyatakan bahwa gaya sama dengan massa dan percepatan, atau dapat dituliskan F=ma, artinya semakin besar gaya yang bekerja pada benda maka semakin besar percepatan yang ditimbulkan. Sebaliknya, semakin kecil gaya yang bekerja maka akan semakin kecil pula percepatan yang timbul. Kaitannya dengan belajar adalah semngat untuk belajar. Ternyata, semangat belajar mempengaruhi kualitas kita untuk belajar. Semangat belajar itu di antaranya penguasaan materi dan pengembangan materi.
Dari Hukum II Newton ini kita belajar bahwa diperlukan motivasi belajar untuk mengubah penguasaan kita dalam sebuah materi. Dengan adanya motivasi untuk belajar, maka akan lebih mudah menguasai suatu materi dengan mudah, karena motivasi belajar berbanding lurus dengan hasil belajar.

3.      Hukum III Newton
Hukum III Newton atau yang umum disebut Hukum aksi-reaksi. Artinya, jika sebuah benda memberikan gaya pada benda lain maka benda lain tersebut juga akan mendapatkan gaya tapi dengan arah yang berlawanan. Sama seperti saat kita belajar, jika kita membenci suatu mata pelajaran, maka pelajaran itu akan balik membenci kita. Hasilnya, tiap kita mempelajari mata pelajaran yang kita benci hanya akan menjadi momok bagi kita. Setiap jamnya bagaikan hantu dan ingin segera berlalu, apalagi kalau gurunya killer.
Seharusnya, kita harus mencintai semua mata pelajaran walaupun itu tidak sesuai minat kita. Jangan jadikan sebagai momok yang hanya akan merepotkanmu. Justru jadikan sebuah tantangan, karena setiap pelajaran yang didapatkan di sekolah pasti akan berguna di masa depan.

Related Posts:

0 Response to "Cara belajar yang baik berdasarkan hukum Newton"

Post a Comment