SKRIPSI HANYA SEBATAS DOKUMENTASI

Apakah Anda seorang guru matematika ?
Jika iya, saya mau bertanya ketika Anda kuliah dulu apakah menyelesaikan kuliah dengan jalur skripsi? Jika Anda membuat skripsi sebagai syarat menyelesaikan kuliah anda, apakah tema yang anda ambil? Apakah berkaitan dengan penerapan metode/pendekatan pembelajaran yang cocok untuk mengajarkan matematika?
Jika iya, dimana skripsi Anda sekarang ? Di kampus ? Jangan-jangan sudah dimusnahkan karena sudah lewat masa simpan, bayangkan saja tiap tahun mahasiswa yang lulus berapa ribu dan tempat skripsi terbatas mana mungkin dipertahankan..
Atau di rumah ? Di simpan dimana, di rak buku disela-sela buku yang lain atau mungkin lupa di simpan dimana... ^□^

Sebetulnya saya tidak peduli ada dimana skripsi anda, yang saya peduli adalah hasil penelitiannya...dan penggunaannya dalam pembelajaran di kelas.
Saya sangat khawatir skripsi hanya tinggalah skripsi, pengalaman ketika menyusun skripsi tidak diterapkan ketika sudah mengajar di kelas.
Misalnya skripsi anda berjudul penggunaan model pembelajaran inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Dalam penelitian itu anda membuktikan bahwa model pembelajaran inquiry lebih baik daripada pendekatan konvensional dalam hal meningkatkan hasil belajar siswa.
Tetapi setelah anda terjun ke lapangan mengajar di sekokah anda tidak menggunakan model pembelajaran inquiry ketika mengajar di kelas tetapi menggunakan pendekatan konvensional yang jelas-jelas anda sendiri sudah membuktikan bahwa hasilnya tidak lebih baik dari model pemebelajaran inquiry. Ini tentu patut disayangkan...
Hasil penelitian yang anda lakukan buat apa ? Kerja keras yang dilakukan untuk menyusun skripsi menjadi sia- sia belaka...tidak dipergunakan ketika mengajar di sekolah. Akibatknya tidak berdampak pula terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Jika terjadi seperti ini tidak ada manfaatnya penelitian skripsi, karena hanya sebatas dokumentasi-selesai, setelah itu bye...bye...
Saya membayangkan jika hasil penelitian yang sudah dilakukan selama ini bukan sekedar syarat kelulusan dan sebatas dokumentasi saja tetapi benar-benar diterapkan di sekolah ketika proses pembelajaran di kelas saya yakin akan memperoleh hasil yang lebih baik, anak-anak indonesia akan menyukai matematika dan peringkat kemampuan matematika indonesia akan lebih baik dari hari ini...
So, gunakan pendekatan pembelajaran terbaik yang Anda bisa ketika mengajar di kelas, karena itu akan menentukan nasib siswa, nasib anak-anak indonesia di masa yang akan datang.

Related Posts:

0 Response to "SKRIPSI HANYA SEBATAS DOKUMENTASI"

Post a Comment