Hal yang dilakukan siswa saat Bosan dalam Belajar

Belajar adalah aktivitas yang sangat identik dengan seorang pelajar. Dalam satu minggu, bayangkan seorang siswa harus belajar 6 hari dengan setiap hari harus belajar minimal 4 mata pelajaran yang berbeda. Itulah mengapa ada sebagian siswa yang sangat bosan dalam belajar. Selain banyaknya pelajaran dalam sehari, juga yang menjadi penyebab lainnya adalah metode yang diterapkan oleh seorang guru. Dari pengamatanku, setiap guru yang pernah mengajari saya memiliki beragam metode belajar yang berbeda. Ada yang menjelaskan terus sampai jam pelajaran selesai, ada juga yang menulis sampai tangan pegal, atau metode belajar sambil bermain agar suasana tidak terlalu tegang, biasanya metode ini diterapkan pada pelajaran yang sulit bagi siswa misalnya Matematika dan Fisika. Tapi, tetap saja banyak siswa yang merasa bosan dalam belajar. Dari bosan itu pula yang membuat siswa melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan pelajaran, apa saja?

1. Tidur 

Sebagian siswa yang merasa bosan dalam belajar, memilih untuk tidur daripada mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru. Hal itu tentunya berdampak buruk pada prestasi kita di sekolah. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa tidur pada saat jam sekolah dapat mengganggu kesehatan, misalnya sakit kepala. Tidur pada saat jam pelajaran diakibatkan oleh banyak hal. Pertama, kebiasaan begadang yang berlebihan. Seorang siswa begadang karena banyak hal, misalnya belajar terlalu larut malam, menonton televisi yang berlebih, atau keluar rumah lewat jam tidur. Faktor lain yang membuat sebagian siswa tidur saat belajar adalah kebiasaan yang sudah ada sejak dahulu. Sudah sepantasnya kebiasaan ini harus ditinggalkan. Jangan sampai hanya karena tidur, prestasi siswa dapat menurun.

2. Makan

Makan adalah suatu kebutuhan bagi manusia, tanpa makan tubuh manusia akan merasa lemas dan tak bertenaga. Sebagian siswa yang merasa bosan dalam belajar cenderung ingin mengunyah. Misalnya memakan permen karet, snack ataupun yang lainnya. Tingkatan ini, selain membuat kita tidak konsentrasi dalam belajar juga dianggap sebagai tindakan yang kurang ajar karena tidak menghargai orang yang berbicara di depan (guru)

3. Berdandan
Membawa Peralatan Make up ke sekolah bukan lagi rahasia umum bagi seorang siswa. Umumnya adalah sekolah yang sudah sangat tersentuh modernisasi. Kurang percaya diri atas penampilan disinyalir menjadi penyebab utama berdandan yang berlebih. Sebagai seorang siswa sepantasnya tidak terlalu sibuk mempercantik rupa dan memperhatikan pelajaran yang diberikan oleh guru.

4. Ngobrol Bersama teman
Aktivitas ini adalah hal yang paling sering dilakukan siswa di sekolah. Tanda sebuah kelas dengab siswa yang bosan adalah kegaduhannya. Metode belajar menjadi penyebab utama siswa  sering sekali ngobrol saat untuk menjelaskan pelajaran. 

5. Bermain Bersama teman 
Bermain terkadang mengasyikkan. Bahkan ada yang membawanya sampai di ruang belajar. Hal itu tentunya sangat merugikan karena dapat menghambat pelajaran masuk ke dalam otak.


6. Bermain Gadget
Ini tak kalah membahayakan. Siswa yang bosan biasanya pula lebih memilih bermain gadget keren mereka masing-masing. Biasanya membuka media sosial mereka masing-masing. Akibatnya, siswa tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh sang guru.

7. Keluar Kelas
Tindakan ini mungkin jalan keluar dari rasa bosan. Keluar kelas dengan mengunjungi tempat yang fresh untuk menghilangkan rasa bosan dalam belajar. Ada pula yang meminta izin ke WC tapi dalam waktu yang cukup lama. Biasanya singgah ke kantin untuk sekadar bersantai daripada belajar.


8. Menulis hal-hal yang tidak sesuai dengan Pelajar
Terakhir, siswa yang bosan biasa pula menulis hal-hal yang sifatnya tidak berhubungab dengan pelajaran. Misalnya menggambar animasi padahal sedang belajar matematika. Adapun menulis untaian kata untuk seseorang. Cara ini dipilih karena mungkin aktivitas yang dijelaskan sebelumnya terlalu berbahaya bagi siswa. Jangan sampai ada sanksi tegas karena melakukan hal tersebut. Sebaiknya seorang siswa haruslah fokus dalam belajar. Meskipun pelajaran itu sulit dimengerti sekalipun. Jika bosan atau mengantuk dalam belajar, ingatlah orang tuamu dan kehidupanmu tanpa ilmu.
Sekarang Vote yukk!!


Apa yang anda lakukan saat Bosan dalam belajar?

Tidur
Makan
Berdandan
Keluar Kelas
Ngobrol Bersama teman
Bermain bersama teman
Bermain Gadget
Menulis hal-hal yang tidak sesuai dengan pelajaran
Do Quizzes

Related Posts:

8 Responses to "Hal yang dilakukan siswa saat Bosan dalam Belajar"

  1. kalai saya lagi bosan sih saya mending bengong aja...

    ReplyDelete
  2. kalo saya bosan saya main hp gan hhh

    ReplyDelete
  3. Kalo Gua sih pas lagi bosan ngebantah guru

    ReplyDelete
  4. Kalau aku memilih untuk ngobrol bersama teman, apalagi kalau masalah Korea

    ReplyDelete
  5. kalo ane sering nya tidur di kelas gan, wkwkw :D

    ReplyDelete