Prinsip kerja dari HYPNOTEACHING

☆ Serius bacanya ya... Menurut ilmu hipnotis, pikiran seseorang (baca: siswa) itu terdiri dari tiga lapisan yaitu pikiran sadar, critical factor dan pikiran bawah sadar.
Pikiran sadar (conscious mind) merupakan proses mental atau pikiran yang sepenuhnya dalam kondisi sadar. Ketika siswa berada dalam kondisi sadar, maka siswa akan cenderung berbuat hal-hal yang realistis atau dapat diukur dengan akal pikiran.
Pikiran sadar mempunyai fungsi menganalisis segala informasi yang masuk, membandingkan dengan data yang telah tersimpan di dalam memori dan memutuskan informasi baru yang akan disimpan di dalam memori atau sebaliknya dibuang.
Besarnya pengaruh pikiran sadar terhadap seluruh aspek kehidupan siswa dalam sikap, kepribadian, perilaku, kebiasaan dan pola pikir hanya sekitar 10-15 %, Artinya pikiran sadar tidak terlalu banyak mempengaruhi aspek kehidupan siswa.
Lalu alam pikiran bawah sadar (subconscious mind) merupakan proses mental atau pikiran dimana siswa berada dalam kondisi setengah sadar seperti melamun. Pada pikiran bawah sadar siswa lebih cenderung melakukan hal-hal yang tidak masuk akal, namun realistis untuk pikiran bawah sadar.
Pikiran bawah sadar memiliki fungsi yang lebih kompleks daripada pikiran sadar dan pengaruhnya terhadap seluruh aspek kehidupan siswa jauh lebih besar, sekitar 85-90%.
Yang membatasi pikiran sadar dan bawah sadar adalah critical faktor yg berfungsi untuk menyaring segala informasi yang akan disimpan di dalam pikiran bawah sadar yg nantinya menentukan tindakan siswa dalam kehidupan sehari-sehari.
Saat guru melakukan hypnoteaching kepada siswa, yg terjadi adalah guru melemahkan critical factor siswa selanjutnya berkomunikasi langsung pada pikiran bawah sadar siswa.
Melemahkan critical factor ini dilakukan dengan teknik "induksi".
INDUKSI inilah yang membuat pikiran sadar siswa lengah, sibuk, bosan dan bingung hingga akhirnya critical factor yang menjadi pintu gerbang pikiran bawah sadar dapat terbuka lebar. Jika pintu pikiran bawah sadar sudah terbuka lebar maka sugesti yang diberikan mampu menjangkau pikiran bawah sadar akibatnya siawa mengikuti segala bimbingan atau arahan guru.
Masih penasaran bagaimana praktek mengajarnya di kelas dengan hypnoteaching?

Comments

Popular posts from this blog

Kunci Jawaban OSk Kebumian 2016

Soal Sejarah Tentang Peradaban India bagian 1

Seven Days Queen, Drama yang Penuh Air Mata