Kebiasaan Buruk di SMA yang Harus ditinggalkan Saat Menjadi Mahasiswa


Menjadi seorang Mahasiswa merupakan impian semua orang. Tiap tahunnya berbagai jalur pendaftaran masuk Perguruan Tinggi dibuka semata-mata untuk menjaring calon Mahasiswa terbaik dari berbagai penjuru daerah. Tak urung, berbagai kampus favorit menjadi incaran semua orang untuk bisa kuliah di sana. Namun, kuliah tidak hanya belajar di ruang kuliah, namun ada proses mengubah karakter diri sendiri menjadi lebih baik, minimal setingkat lebih baik daripada di SMA. Kali ini, saya akan menampung berbagai kebiasaan buruk yang kerap di lakukan pada masa putih abu-abu dan tentunya harus ditinggalkan.

1. Bolos di Beberapa Mata Pelajaran
Yang pertama saya bahas mengenai kehadiran. acap kali saat bosan dalam belajar, maka seorang siswa akan membolos dan hanya nangkring di warung sampai rasa bosannya hilang. Kesempatan mendapat tambahan ilmu pun hilang. Nah, saat kuliah, jangan sekali-kali bolos di mata kuliah tanpa adanya alasan yang jelas. Satu mata kuliah sangat berarti untuk diikuti. Lagipula, kehadiran sangat diperhitungkan sebagai bagian dari penilian per mata kuliah. Jadi, coba bayangkan kalau kalian jarang masuk kuliah, pasti itu akan berpengaruh kepada nilai kalian. Berbeda dengan saat menjalani proses pendidikan sebagai Siswa, karena kehadiran kurang diperhatikan oleh sebagian guru.

2. Malas Mencatat
Kalian tahu tidak, dengan mencatat maka sebagian atau bahkan seluruh ilmu yang dicatat agar terserap baik ke dalam otak. Apalagi kalau kalian rajin membacanya. Nah, untuk siswa yang masih malas mencatat, sebaiknya ditinggalkan yah! Alasannya, pertama seperti yang saya jelaskan tadi bahwa dengan mencatat ilmu akan cepat terserap. Kamu juga tak akan menjadi mahasiwa yang kerjanya hanya masuk di ruangan, bengong, mengkhayal, terus keluar deh.. Setiap ilmu yang diterangkan oleh dosen itu sangat berharga bagimu. Mungkin tak kalian rasakan setelah sehabis kuliah, namun lambat laut akan terasa pengaplikasiaan dari ilmu yang kau dapatkan. Alasan lainnya mengapa kalian harus rajin mencatat karena beberapa dosen menerapkan jenis ujian dengan melihat catatan. Jadi, kentara siapa yang catatannya bagus dan lengkap, dan mana yang catatannya hanya sebatas coretan tanpa makna.

3. Membentuk Geng
Nah, ini kerjaan anak zaman sekarang. Kurang bersosial dengan orang banyak. Maunya membentuk kelompok sendiri dengan anggota beberapa orang/geng. Di kampus kalian akan dapatkan mahasiswa yang sangat banyak dan dari berbagai daerah. Kalau kalian menutup diri untuk bergaul dengan orang banyak selagi positif, maka itu sama saja kalian mengurung diri. Setiap orang memiliki potensinya masing-masing. Untuk itu, bersahabat dengan orang banyak sangat dibutuhkan agar terdapat interaksi butuh dan saling butuh satu sama lain. 

4. Rajin ngobrol pas Dosen menerangkan materi
 Sebenarnya ini lebih ke memperbaiki etika dalam belajar. Orang yang berbicara dan lebih tua dan berilmu harus dihormati. Karakter seseorag berbeda-beda. Bisa saja kalian dapatkan tipe dosen yang sensitif dan tidak suka saat beliau menerangkan dan mahasiswanya juga ngobrol tak jelas maka bisa saja beliau tersinggung. Efeknya banyak, bisa saja dosen keluar ruangan, atau bahkan memberikan kalian nilai error. Itu sangat tidak enak kan?

5. Jangan Menyontek
Inilah penyakit pelajar yang sebenarnya harus dituntaskan. Ini berhubungan dengan nilai kejujuran yang harus dijunjung tinggi. Dalam berbagai kasus saat ujian, dosen menekankan untuk menjawab soal ujian dengan jujur agar nilai yang didapatkan berkah. Jika kalian masih rajin menyontek waktu menjadi siswa, sebaiknya ditinggalkan. Itu akan berpengaruh sekali dengan mental dan pribadi kalian. Syukur-syukur kalau tidak ketahuan dosen, kalau ketahuan bisa saja dikeluarkan dari ruang ujian dan terancam nilainya error. Itukan sangat merugikan.

Nah, sekian Kebiasaan buruk saat menjadi siswa yang harus kalian tinggalkan. Menjadi mahasiswa bukan hanya sebatas nama, namun ada tanggung jawab di dalamnya. Menjadi mahasiswa adalah fase untuk mengubah diri menjadi lebih baik lagi...




Related Posts:

2 Responses to "Kebiasaan Buruk di SMA yang Harus ditinggalkan Saat Menjadi Mahasiswa"